HARIAN GEMA RIAU

Balai Bahasa Indonesia Taja penyuluhan

HarianGemaRiau, Siak —- Agar dalam penggunaan atau penyebutan bahasa Indonesia tepat dan sesuai dengan maknanya, Rabu 9 Oktober 2019 Balai bahasa Riau taja Penyuluhan bahasa Indonesia bagi Insan Media Massa dan sejumlah pelajar di Kabupaten Siak.

Acara penyuluhan bahasa tersebut selain dihadiri kepala Dinas Perpustakaan arsip setempat Drs.H.Muhammad ,Arifin ,M.Si dan di buka oleh Kadis Kominfo Kabupaten Siak Drs H Arfan Usman ,M.Pd.

Kepala Balai Bahasa Indonesia Provinsi Riau Drs Songgo Siruah, M.Pd dalam pemaparan nya menyampaikan bahwa saat ini cukup banyak bermunculan media massa terutama untuk media online tumbuhnya cukup subur ditengah-tengah kehidupan kita.

Apa lagi bahasa Indonesia merupakan bahasa Nasional dan didalamnya juga terdapat bahasa Pendidikan, dengan beragam suku yang ada di Negeri kita selama ini telah bersatu lewat bahasa Indonesia sebagai perantaranya.

“Oleh sebab itulah tugas dari dari kami yang mengabdi di balai bahasa selalu menjadi pilar utama dalam menyuguhkan bahasa Indonesia di setiap buku pendidikan yang akan diterbitkan oleh siapa saja, dalam menyuguhkan atau meramu isi yang tertuang didalam buku tersebut, ketika mau diterbitkan harus melalui Balai bahasa dulu, karena ini sudah diatur oleh aturan yang ada yang tidak bisa ditinggalkan,” Kata Songgo.

Apa lagi lanjut dia, Pemerintah Indonesia telah punya tekad dan keinginan untuk menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Internasional pada Tahun 2045 mendatang, tentunya untuk menggapai tujuan tersebut haruslah dilakukan berbagai langkah atau upaya harus dilakukan, salah satunya lewat sentuhan balai bahasa ini.

“Makanya begitu pentingnya penggunaan bahasa Indonesia dengan benar, supaya setiap kalimat yang digunakan oleh teman-teman baik itu dalam bahasa yang digunakan oleh para wartawan maupun para pelajar supaya tidak keluar dari jalur bahasa yang sudah ada,” tambah Songgo.

Kadis Kominfo Drs H Arfan Usman, M.Pd saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ruang bagi semua dalam memahami dan memaknai secara benar kalimat demi kalimat yang dipergunakan dalam berbahasa Indonesia.

Selama ini persoalan seperti ini sudah menjadi titik persoalan yang telah menghantui atau meresahkan kita semua, dan itu terus berlangsung hingga sekarang ini.

Dan dengan diselenggarakan nya penyuluhan bahasa dilaksanakan oleh Balai Bahasa, maka secara estapet secara perlahan-lahan bisa menekan kelemahan dalam setiap penggunaan bahasa yang dituangkan di publik dapat tersajikan dengan tetap dan benar, “itu yang kita harapkan,” Kata Arfan berharap.

Sementara itu Kadis perpustakaan dan arsip setempat Drs. H.Muhammad Arifin, M.Si menyebutkan “kita sebagai seorang penulis sangat berkaitan eratnya yang akan disajikan haruslah mengacu kepada penggunaan bahasa Indonesia dengan tepat dan benar,” Ucap Kadis Perpustakaan.(R/J).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *